Akhir bulan lalu, tepatnya tgl 25 Februari 2017, saya berkesempatan untuk berbagi dalam suatu acara yang bertajuk Pelatihan Kewirausahaan untuk Mahasiswa. Acara ini diadakan oleh Entrepreneurship Development Center (EDC) Universitas Udayana. Tujuan utama acara ini adalah berbagi ide usaha untuk para mahasiswa dan memberi wawasan tentang berbagai jenis usaha yang mungkin mereka lakukan sesuai dengan minat mereka.

Pelatihan yang diikuti oleh 130 mahasiswa calon wirausahawan Unud dari berbagai jurusan ini diadakan di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali, yang bertempat di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar.

Saya sangat salut pada Ibu Sutrisna Dewi, ketua EDC Unud yang begitu gigih dan penuh semangat mendidik para mahasiswa untuk siap berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja agar tidak melulu sebagai pencari kerja. Sudah banyak anak didiknya yang sukses sebagai wirausahawan dan sebagian di antaranya kemarin ikut berbagi pengalaman untuk adik-adiknya.

Mereka semua wirausahawan muda yang begitu bersemangat berbagi ilmu  dan pengalaman, berbagi tentang bagaimana mereka memulai usaha juga lika-liku yang mereka alami sampai sukses seperti sekarang ini.

Beberapa wirausahawan muda yang berbagi hari itu antara lain Indra Justred yang sangat menyukai warna merah dan sukses dengan konveksi kaosnya. Lelaki muda itu berhasil menarik perhatian peserta dengan pembawaannya yang ceria dan semangat yang menggebu-gebu.

Kemudian, tak kalah heboh adalah I Ketut Adi Astina Putra, wirausahawan muda pemilik Ambassador Tour & Travel. Adi Astina memaparkan bagaimana ia jatuh bangun dalam membangun usahanya, sempat terpuruk, tetapi berkat tekadnya yang kuat dan dengan dukungan penuh dari sang pembina, Ibu Sutrisna Dewi, dia bisa bangkit lagi. Kini usahanya terbilang sukses. Banyak instansi yang menggandengnya untuk mengatur perjalanan mereka baik ke luar negeri atau pun wisata di daerah.

Sebelum itu, yang tak kalah menarik adalah materi yang dibawakan oleh Ida Bagus Andi Loka. Mantan karyawan di Thai Airways ini memutuskan untuk resign dan meninggalkan zona nyaman untuk beralih menjadi seorang wirausahawan. Perjalanan hidupnya sangat menginspirasi dan memotivasi yang  hadir. Saya merasa sangat  beruntung bisa mendengar pengalaman dalam membangun usaha dari semua pembicara hari itu.

Saya sendiri berbagi tentang peluang usaha sebagai penerjemah dan entrepreneur networker di Biogreen Science.

Dalam acara tersebut saya tidak mengajari mereka bagaimana menjadi penerjemah, tetapi lebih kepada memberi bayangan dan membuka wawasan bahwa ada profesi penerjemah yang bisa diandalkan. Tentu untuk bisa menjadi penerjemah profesional harus melalui beberapa tahapan dan pembelajaran yang tiada henti. Respon mereka pun cukup besar terbukti dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan dalam sesi tanya jawab.

Setelah berbicara tentang profesi penerjemah, saya lanjut bicara tentang aktivitas saya yang lain yaitu Networker, yang juga termasuk dalam katagori entrepreneur.  Saya menyampaikan bahwa ada banyak perusahaan jaringan yang beredar di masyarakat tetapi kita harus berhati-hati sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Sebelum memutuskan untuk bergabung di sebuah perusahaan jaringan, kita harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana komitmen sang pendiri.

Biogreen Science didirikan oleh Bapak Larry Widjaja, seorang pengusaha yang sebelum mendirikan Biogreen Science telah mempunyai 8 perusahaan, sehingga perusahaan ini mempunyai fondasi finansial yang amat kuat.
Beberapa alasan kuat kenapa kita harus memilih Biogreen Science:

  • Pendirinya jelas dengan visi misi yang jelas.
  • Alamat kantornya jelas (milik sediri).
  • Legalitas lengkap.
  • Biogreen bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar di dunia untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas dunia
  • Produk-produknya berkualitas tinggi dan semuanya teruji secara klinis.
  • Mendapat penghargaan dari pemerintah sebagai The Most Trusted MLM 2016.
  • Perusahaan ini sangat terbuka dan semua informasi tentang perusahaan terpampang jelas di situs resminya.
  • Dari sejak berdirinya sampai sekarang tidak pernah cacat dalam membayar payout.

Keistimewaan lain dari Biogreen Science adalah perusahaan ini hanya memasarkan produk-produk berkualitas tinggi dengan menggunakan penemuan terkini yaitu Bioteknologi Stem Cell.

Banyak yang sudah terbantu oleh produk yang saya rekomendasikan ini, antara lain seorang teman yang mempunyai begitu banyak penyakit dan sebelumnya sangat tergantung pada berbagai jenis obat untuk menangani kumpulan penyakit di tubuhnya.

Tunggu apa lagi? Ayo segera gabung dengan saya di Biogreen Science. 🙂