Select Page

Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 22 Februari 2014, saya menghadiri rapat HPI Komda Bali yang tempatnya masih sama dengan rapat sebelumnya, yaitu di Warung Be Yeh Pasih, Renon. Saya suka menunya yang beragam dengan harga yang terjangkau. Di samping itu, yang lebih saya sukai adalah, saya tidak harus keliling-keliling lagi mencari tempat yang baru. Khawatir “penyakit” saya kambuh, penyakit nyasar. 😀

Saya tiba di tempat agak telat dari jam yang telah ditentukan karena saat itu bersamaan dengan jadwal saya sebagai penguji eksternal UKK Komputer di sebuah SMK di Dalung. Tugas menguji baru selesai pukul 15.30, sedangkan undangan rapat pukul 15.00. Tapi, saking semangatnya untuk hadir, dari Dalung yang terletak di Kecamatan Kuta Utara, saya langsung meluncur ke Renon yang terletak di Denpasar Selatan. Cukup jauh. Tapi, apa sih yang tidak untuk HPI Komda Bali? 😉

Dalam rapat kemarin topik utama yang dibahas adalah membicarakan acara dalam rangka memperingati HUT I HPI Komda Bali. Rapat berjalan dengan santai tapi serius. Sambil makan, rapat tetap berjalan.  Menjelang sore rapat berakhir dan mendapatkan keputusan bahwa HPI Komda Bali akan mengadakan lomba terjemahan sastra (prosa) untuk mahasiswa se-Bali. Rencananya pendaftaran akan dibuka dari tanggal 3 Maret sampai dengan 15 Maret 2014, dengan beberapa persyaratan yaitu:

1. Biaya pendaftaran Rp. 50.000,-

2. Mengisi formulir pendaftaran.

3. Materi lomba akan dikirim serentak kepada seluruh peserta pada tanggal 16 Maret 2014.

4. Hasil terjemahan agar dikirim kembali kepada panitia selambat-lambatnya pada tanggal 5 April 2014, pukul 23.00 WITA, dengan disertai surat pernyataan bahwa terjemahan tersebut dibuat sendiri oleh yang bersangkutan.

5. Para pemenang akan diumumkan pada tanggal 19 April 2014 melalui email/telepon yang bersangkutan.

6. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

7. Panitia akan mencari tiga pemenang dengan hadiah sebagai berikut:

  • Pemenang 1 mendapatkan uang tunai Rp. 1.000.000, piagam dan buku
  • Pemenang 2 mendapatkan uang tunai Rp. 700.000, piagam dan buku
  • Pemenang 3 mendapatkan uang tunai Rp. 500.000 piagam dan buku.

Rencana berikutnya yang akan dilaksanakan adalah Workshop Penerjemahan Karya Sastra yang tempat dan tanggal pelaksanaannya akan ditentukan kemudian. Yang jelas akan diadakan tahun 2014 ini.

Dalam rapat tersebut juga dibicarakan bahwa Komda HPI Bali akan menyusun kalendar tahunan  untuk acara-acara yang akan diadakan di Bali.